Berita  

Optimalkan Pengelolaan Data Statistik, Diskominfo Majene Kaji Banding Di Toraja Utara

Majene, exposetimur.com|Guna lebih memperdalam pengetahuan terkait pengelolaan data statistik, Pemerintah Kabupaten Majene melalui Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfo) Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat melakukan kaji banding ke Diskominfo Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (13/3/2023).

Kaji banding ini berdasarkan surat yang di tandatangani Bupati Majene, Nomor 800/272/2023 tentang permohonan kunjungan kerja diskominfo Majene ke Diskominfo Toraja Utara. Hal tersebut sebagai langkah dan upaya memaksimalkan pengelolaan data sektoral dan statistik daerah sebagai pedoman, acuan dan petujuk teknis seluruh istansi dalam mendukung rencana pembangunan daerah, maka di perlukan ketersediaan data yang akurat, mutahir, terintegrasi agar dapat di akses pengguna data.

Sebagaimana diketahui bahwa kabupaten Tanah Toraja sejak tahun 2018 lalu telah melakukan perencanaan dan perancangan sebagai dasar pembangunan sistem informasi terintegrasi berbasis elektronik dalam menunjang fungsi dan kinerja pemerintahan yang untuk saat ini disebut dengan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018.

Tidak hanya dalam upaya menghadirkan tata kelola pemerintahan modern yang akuntabel, transparan, dan efektif serta efisien, namun yang tak kalah pentingnya yaitu untuk meningkatkan kinerja birokrasi Pemerintah Kabupaten Toraja Utara dalam fungsinya sebagai public service yang digerakkan oleh semua level organisasi dari top level hingga jajaran pelaksana. (sumber, Kominfo Toraja Utara red).

Kinerja pembangunan sektor Teknologi Informasi Komunikasi oleh Pemerintah Kabupaten Toraja Utara yang dalam hal ini menjadi domain urusan Dinas Kominfo, Statistik, dan Persandian (Kominfo.SP) Toraja Utara yang di rintis sejak tahun 2017 telah menunjukkan progres yang cukup baik dengan telah tersedianya situs portal Pemkab Toraja Utara, dokumen blueprint ICT berupa dokumen Rencana Induk Teknologi Informasi dan Komunikasi (RITIK) Pemerintah Kabupaten Toraja Utara, penguatan infrastruktur TIK melalui pembangunan Backbone (jalur utama)  jaringan internet/infranet pada 8 titik (T.A. 2019) untuk menyediakan dukungan konektivitas tinggi, serta pengintegrasian beberapa sistem informasi strategis daerah di beberapa OPD seperti e-planning dan e-budgeting yang sebelum pengintegrasian masing – masing dikelola terpisah oleh Bappeda dan BKAD Toraja Utara.

Baca Juga :   Wagub Majene Hadiri Seminar Nasional Unifa "Sinergi Pentahelix Menuju IKN"

Sementara untuk aplikasi sistem informasi, Dinas Kominfo.SP Toraja Utara yang saat ini dikepalai oleh Drs. Fitra, M.Adm.Pemb di T.A. 2019 ini sedang mengembangkan piranti lunak Decision Support System (DSS) atau Sistem Pendukung Pengambil Kebijakan.

DSS sendiri diprioritaskan untuk diterapkan oleh Dinas Kominfo salah satunya dalam rangka turut memperkuat implementasi kebijakan Satu Data di Toraja Utara yang tertuang melalui Perpres Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data. Melalui DSS ini, data sektoral yang berada di tiap-tiap Satker dapat di kumpulan, dikelola, dikalibrasi dan dimanfaatkan secara akurat menjadi sistem informasi yang mutakhir dan akuntabel sehingga meminimalisir kesenjangan data sektoral yang selama ini menjadi permasalahan dalam mendukung pengambilan keputusan yang objektif dan akurat oleh pimpinan daerah.

Oleh sebab itu, kaji banding yang dilakukan Diskominfo Majene ini adalah memiliki alasan yang kuat dengan sistem informasi yang saat ini dimiliki oleh dinas Kominfo Toraja Utara.

Kepala Diskodansa Kabupaten Majene, Andri Nugraha melalui Kepala Bidang Layanan Media, Abrar Effendy, S.Ip.M.Si mengatakan, pengelolaan data statistik sektoral daerah sangat vital, mengingat data statistik sektoral sebagai pedoman, acuan dan petunjuk teknis seluruh instansi dalam mendukung perencanaan pembangunan daerah.

“Melalui kajian ini, kita sudah dapat menyajikan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu terintegrasi dan dapat diakses oleh siapa saja sebagai pengguna data,” terang Abrar Effendy,

Dia berharap dari hasil kaji banding yang tengah dilaksanakan dapat diaplikasikan di Kabupaten Majene dalam menunjang kinerja pemerintah daerah berlandaskan Majene Unggul, Mandiri dan Religius.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *