Dinas Pendidikan Majene Bersama LPMP Sulbar Respon Peningkatan Kualitas Dapodik

Majene, exposetimur.com|LPMP Provinsi Sulawesi Barat sebagai Unit Pelayanan Teknis Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalam hal ini memiliki tugas melakukan pengawasan dan peningkatan Kualitas Data Pendidikan di Provinsi Sulawesi Barat.

Hal-hal yang dapat dilakukan dalam melaksanakan tugas ini adalah mengkoordinir manajemen pengguna dapodik, mengawasi dan meningkatkan kualitas data pokok pendidikan melalui mekanisme validasi secara aktif, sehingga didapatkan data dapodik yang dapat menjadi acuan dalam menentukan kebijakan di wilayah Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Kementerian, kualitas Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Provinsi Sulawesi Barat masih berkategori rendah. Kepala LPMP Provinsi Sulawesi Barat mengharapkan agar Dinas pendidikan kabupaten dan provinsi menindaklanjuti data tersebut

Dinas Pendidikan Kabupaten Majene sebagai bagian yang ikut bertanggung jawab terhadap kondisi tersebut langsung memberikan respon positif dengan melakukan kegiatan Pengelolaan Sistem Pendataan Pendidikan Dasar dan Menengah bekerja sama dengan LPMP Provinsi Sulawesi Barat, Kamis (03/03) lalu.

Kegiatan tersebut sebagai upaya perbaikan kualitas data pokok pendidikan dan penyamaan persepsi terhadap pengelolaan sistem pendataan pendidikan dasar dan menengah.

Kegiatan tersebut peserta yang hadir dalam kegiatan ini berasal dari unsur kepala sekolah dan operator satuan pendidikan yang ada di Kabupaten Majene.

Bertindak sebagai Narasumber pada kegiatan untuk Materi DAPODIK Muh.Ikbal Efendi dari Satgas Dapodik SMA Provinsi Sulawesi Barat, Sarmin, S.Pd. M.Pd. (Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Kab.Majene) Murdianto, S.Pd.M.Pd (Fungsional PTP LPMP Sulbar) dan Hasbullah, S.Pd.(Co Capten belajar.id Majene).

Diharapkan setelah selesainya kegiatan ini kualitas data Dapodik Sulawesi Barat khususnya Kab. Majene dapat meningkat dari sebelumnya dan mengharapkan adanya tindak lanjut dari kabupaten lain di Provinsi Sulawesi Barat.

Baca Juga :   UPT Dinas Pendidikan Bulukumpa Gelar Porseni Tingkat SD

Menanggapi kegiatan yang lalu tersebut, Senin 27 Maret 2023, Kepala Dinas Pendidikan Majene Mihtar mengatakan bahwa, program ini merupakan hal yang dapat menunjang segala aspek data pendidikan, sehingga diharapkan semua satua pendidikan dapat bersinergi dalam melaksanakan apa yang menjadi materi pada kegiatan itu, sehingga pendidikan di kabupaten Majene akan semakin baik di masa yang akan datang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *