Berita  

Antisipasi Wabah PMK, Babinsa Kodim 1410/Bantaeng Pantau dan Cek Ternak Sapi Warga Binaan

BANTAENG – Babinsa Koramil 02/Eremerasa Kodim 1410/Bantaeng Serda Zaenal Abidin melakukan pemeriksaan terhadap hewan ternak di wilayah binaan demi mengantisipasi dan mencegah wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.

Kegiatan kontrol dan pemantauan tersebut guna pendataan hewan ternak di Dusun Dongkokang, Desa Lonrong, Kec. Eremerasa, Kab. Bantaeng, Rabu (27/04/2023).

Dikatakan Babinsa Serda Zaenal Abidin, bahwa sesuai edaran dari Dinas Kesehatan, Wabah PMK Jenis penyakit ini disebabkan dari virus yang bisa menyerang pada hewan ternak berkuku empat atau hewan ternak besar.

Babinsa juga menghimbau dan memberikan sosialisasi langsung kepada pemilik hewan ternak terkait penyakit PMK.

“Kami juga menghimbau kepada peternak untuk dapat menjaga kebersihan kandang dan lingkungan dan juga para peternak harus bisa mengenali gejala dan ciri-ciri hewan ternak yang tertular wabah PMK”, ungkapnya.

Ia juga menyampaikan kepada warga untuk tidak takut melaporkan ke petugas, jika didapati kesehatan hewan ternak sapinya dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan, lepuh, luka pada kuku atau kuku terlepas), lepuh pada mukosa mulut, lepuh.

“Kepada warga untuk tidak takut melaporkan ke petugas, jika didapati kesehatan hewan ternak sapinya dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan, lepuh, luka pada kuku (kuku terlepas), lepuh pada mukosa mulut, lepuh kepada instansi terkait” pungkasnya.

Baca Juga :   Babinsa Kodim 1410 Serda Riswan Laksanakan Sholat Jum'at Bersama Warga Binaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *