Ekbis  

Pemprov Sulbar Bangun Kerjasama Lanal Mamuju Kembangkan Potensi Perikanan Pesisir Majene

Sulbar, exposetimur.com |Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Barat (Sulbar) bekerja sama dengan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Mamuju untuk mengembangkan potensi perikanan pesisir Majene.

“Pemprov Sulbar bekerja sama Lanal akan mengembangkan potensi perikanan yang ada di pesisir Majene,” kata Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik, di Mamuju, Rabu.

Ia mengatakan Pemprov Sulbar memiliki aset yakni Balai Benih Ikan (BBI) di Pantai Poniang Kabupaten Majene yang dibangun sejak tahun 2015.

Pemprov Sulbar, lanjutnya, telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp2,3 miliar untuk pengembangan BBI agar dapat memacu peningkatan pendapatan daerah Sulbar.

“Selama ini BBI belum maksimal memacu PAD sehingga Pemprov Sulbar melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi bersama Lanal Mamuju akan berkolaborasi mengembangkan BBI tersebut,” katanya.

Keduanya akan menata potensi perikanan di pesisir Majene dengan melaksanakan Program Kampung Bahari. “Melalui program tersebut masyarakat akan dilibatkan dan dibina dalam mengembangkan budi daya perikanan,” katanya.

Ia menyampaikan kelemahan masyarakat nelayan dalam meningkatkan produksi perikanan adalah kurang mendapatkan pendampingan dari pemerintah dalam mengembangkan potensi usaha perikanan mereka.

Karena itu Pj Gubernur Sulbar itu berharap dengan Program Kampung Bahari tersebut produksi perikanan di Majene dapat meningkat dan masyarakat dapat lebih sejahtera dari sektor perikanan.

Komandan Lanal (Danlanal) Mamuju Letkol Laut M Reza Achwandi mendukung upaya Pemprov Sulbar membangun potensi perikanan di pesisir Majene dan berkomitmen untuk terus mendukung pemprov sehingga dapat membangun industri perikanan di daerah pesisir.

“Pembinaan masyarakat desa di pesisir Majene akan dilaksanakan sebagai upaya membangun ekonomi daerah dan sektor perikanan sehingga inflasi dapat ditekan dan pertumbuhan ekonomi daerah dapat meningkat,” katanya.

Baca Juga :   Komite Pedagang Pasar Gelar Simulasi Uji Coba Aplikasi Pasar Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *