Hadiri Peringatan HKG, Pj. Gubernur Sulbar Puji Kolaborasi PKK Bersama OPD dan UMKM

Mamuju, exposetimur.com| Pj Gubernur Sulbar, Prof Zudan Arif Fakrulloh menghadiri acara peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke -51 tahun yang digelar di kompleks Rujab Gubernur Sulbar, Senin, 20 November 2023.

Prof Zudan mengungkapkan, kegiatan itu merupakan satu sinergi antara tim penggerak PKK Sulbar dan seluruh Kabupaten se-Sulbar. Kegiatan itu diisi dengan kegiatan-kegiatan positif, salah satunya adalah sosialisasi.

“Hari ini, kita bergerak bersama PKK provinsi dan kabupaten didukung oleh OPD dan UMKM. Jadi, ini satu gerakan kolaborasi dihari PKK ke 51 tahun. Ini merupakan satu sinergi dan saya lihat ini bergerak sangat bagus,” kata Zudan Arif Fakrulloh, saat diwawancarai wartawan.

Selain sosialisasi, kata Dia, pada peringatan HKG ke 51 tahun dilengkapi dengan layanan adminduk (pembuatan identitas kependudukan digital dan layanan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

“Juga ada lomba dan pameran UMKM. Ini saya dukung penuh karena ini bagus. Jadi, saya tadi memberikan instruksi untuk provinsi dan kabupaten atau kota, PKK ini harus masif bergerak mulai dari keluarga, kemudian dasawisma dan dianggarkan di APBD,” ungkapnya.

Sehingga, enam kabupaten se Sulbar termasuk Pemprov Sulbar diharapkan bisa menganggarkan dan mensinkronisasikan program PKK di APBD. Salah satunya, yakni gerakan kembali ke Posyandu.

“Misalnya untuk ke Posyandu, gerakan ayo ke Posyandu. PKK bisa membantu pemerintah dalam penanganan stunting, anak tidak sekolah, termasuk bisa membantu penanganan kemiskinan ekstrim yang tinggal sedikit,” ujar Zudan Arif Fakrulloh.

Di tempat yang sama Ketua TP PKK Sulbar, Ninuk Triyanti Zudan menjelaskan, peringatan HKG tahun ini digelar dengan dua jenis kegiatan. Mulai dari rangkaian kegiatan yang digelar sejak Senin, 13 November hingga Minggu, 19 November 2023 kemarin.

Baca Juga :   Lantik 11 Pejabat Eselon II Menjadi Pimpinan di OPD Pemkab Sinjai, Ini Harapan Bupati ASA

“Puncaknya dua hari. Hari ini, kita melakukan upacara pembukaan, kemudian menunjukkan apa yang menjadi kegiatan selanjutnya, terus kita juga melakukan pameran PKK, pameran UMKM dan juga pelayanan kesehatan gratis. Juga ada lomba-lomba. Mulai dari lomba masak ikan untuk anak usia dua tahun dan ada lomba-lomba lainnya,” pungkas Ninuk Triyanti Zudan.

Lanjut Ninuk menjelaskan, kegiatan bakal dilanjutkan hingga malam nanti pada acara ramah tamah. Dan terakhir besok siang akan memberikan penghargaan kepada seluruh kader-kader yang memiliki prestasi dan juga tim penggerak PKK di desa yang berprestasi.

“Harapannya dengan HKG PKK ini, seluruh OPD terkait baik dari provinsi maupun kabupaten sampai kecamatan dan desa bersinergi untuk bersama-sama menyukseskan program-program dari Pemprov Sulbar, yakni mengentaskan kemiskinan, mencegah anak stunting dan mengendalikan Inflasi, kemiskinan ekstrim juga dikurangi dan anak tidak sekolah semua kita coba bantu atasi, serta yang terakhir adalah perkawinan anak,” tuturnya. (Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *