Ragam  

72 Lansia Terlantar di Herlang Dapat Perhatian Dari Pemerintah

H. Andi Sudirman Kabid rehabilitasi sosial Dinsos Bulukumba

BULUKUMBA, EXPOSETIMUR.com — Sekitar 72 lanjut usia (lansia) di Kecamatan Herlang, Kabupaten Bulukumba, mendapat perhatian dari pemerintah. Sebelumya dalam 2 bulan terakhir, Dinas Sosial menjaring data 72 Lansia miskin terkategori terlantar di Kecamatan Herlang.

26 orang mendapatkan jaminan hidup sebanyak 200.000 perbulan, 12 orang mendapatkan bantuan perbaikan kamar atau apa yang menjadi kebutuhan yang  mendesak dalam rumahnya, dari 38 ini bantuan berasal dari Kementerian Sosial yang berlaku selama setahun.

3 orang mendapatkan bantuan berupa jual-jualan karena masih kuat untuk menjual hanya modalnya tidak cukup. 5 orang mendapatkan bantuan dari pemerhati sosial, 4 orang mendapatkan bantuan dari Pendamping Keluarga Harapan (PHK) berupa sembako, dan 2 langsia mendapatkan bantuan bedah rumah yang berasal dari Basnas dan satu dari Dinas Sosial, dan selebihnya mendapatkan pembinaan yang akan mendapatkan bantuan berupa sembako.

H. Andi Sudirman Kabid rehabilitasi sosial Dinsos Bulukumba mengatakan bahwa kegiatan ini dipusatkan di Kecamatan Herlang sebagai ajang awal pelaksanaan, berlanjut juga di Kecamatan lain di Bulukumba. Tahun depan jadi besar harapan Kepala Desa, Lurah, bisa membuat anggaran permakanan lanjut usia di daerahnya.

“Saya akan masuk di sekolah-sekolah mengajak teman-teman dibidang Pendidikan untuk membangun gerakan Kemanusiaan. Seperti gerakan segenggam beras setiap minggunya untuk setiap siswa sehingga ketika sebulan bisa menghasilkan banyak beras untuk menutupi kebutuhan Lansia yang ada disekitar sekolah tersebut,” kata dia saat diwawancara media ini, Selasa (22/10/2019).

Dan terakhir dia berharap kepada seluruh masyarakat Bulukumba dan semua istansi di Bulukumba bisa bekerja sama untuk saling menopang supaya tidak ada lagi masyarakat Bulukumba yang menjadi terlantar dan berharap juga dukungan media untuk memberikan informasi kepada seluruh masyarakat pentingnya hidup saling menopang.

Baca Juga :   Upss! Pemda Bulukumba Juga Fasilitasi Tim PS Panrita Lopi Loh

Penulis : Pardi
Editor : Tim Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *