Desa Kambuno Kembali Dikujungi Peserta Studi Lapang Pengelolaan BUMDesa Dari Papua

  • Bagikan
Foto bersama Peserta Studi Lapang Pengelolaan BUMDesa dari Kampung Amyas Distrik Supriori Barat Kabupaten Supriori Provinsi Papua ini, di ikuti sebanyak 15 orang

BULUKUMBA, EXPOSETIMUR.COM _ Desa Kambuno, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba, kembali dikujungi Peserta Studi Lapangan dari Papua yang di terima langsung Kepala Desa bersama Pengurus BUMDesa Kambuno di Aula Kantor Desa, Sabtu (23/11/2019).

Peserta Studi Lapang Pengelolaan BUMDesa dari Kampung Amyas Distrik Supriori Barat Kabupaten Supriori Provinsi Papua ini, di ikuti sebanyak 15 orang.

Kepala Desa Kambuno (Syahrullah Syam) dalam Sambutannya mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas dipilihnya BUMDesa Kambuno sebagai sasaran dan tujuan studi Lapang pengelolaan BUMDesa dari Distrik Supiori Barat. Hal lain yang disampaikan oleh Kepala Desa Kambuno bahwa, Keberadaan BUMDesa Bukan berfokus pada prestasi Kegiatan-kegiatan lomba, tapi bagaimana BUMDesa hadir membawa fungsi pemberdayaan demi kesejahteraan Masyarakat. Hal ini memungkinkan untuk dilakukan apabila Pemerintah Desa memberikan support dari sisi penyertaan modal, pembimbingan dan pengawasan dalam melakukan pengembangan dan pengelolaan unit usaha.

Sementara perwakilan peserta Studi Lapang (TA.Kabupaten Supiori) mengatakan “perjalanan kami ke Desa Kambuno bukan tanpa tujuan, tetapi perjalanan kami disamping untuk belajar tentang pengelolaan Bumdesa secara langsung di lapangan, juga bertujuan untuk berbagi info tentang bagaiamana kondisi Bumdes di wilayah kami, tentunya dengan tujuan demi kesejahteraan Rakyat, sebab jauh berjalan banyak di liha, banyak belajar banyak diketahui “Tutupnya”.

Selain itu, Ketua BUMdes Kambuno (Rusdi syam) dalam penjelasan gambaran Umum BUMDesa Kambuno memaparkan bahwa, kemajuan sebuah BUMDesa itu harus ditopang oleh motivasi dan dukungan Pemerintah Desa, sumber daya pangurus, harmonisasi antara pengurus dengan cara pemberian ruang untuk bekerja sesuai dengan tupoksi masing-masing pengurus, yang tentunya memperbaiki administrasi dan memupuk rasa saling percaya.

Seluruh rangkaian pemaparan Ketua Bumdes kemudian ditutup dengan orasi moto BUMDesa Kambuno ” BEKERJA KERAS, BEKERJASAMA, & BERBAGI, BUMDesa MAJU, RAKYAT SEJAHTERA”

Baca Juga :   Polemik Pemilihan BPD, Ketua Papdesi Sul-Sel: DPRD Bulukumba Keliru

Selanjutnya seluruh peserta studi lapang melalukan kunjungan langsung ke Kantor BUMDesa dan Unit Usaha BUMDesa Kambuno.

(Red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *