Bupati Sinjai Serahkan Puluhan Alsintan Kepada Kelompok Tani

Bupati Sinjai, Andi Seto Gadista Asapa tampak menyerahkan Alsintan kepada kelompok tani, Senin (30/12/2019)

SINJAI,EXPOSETIMUR.COM _ Bupati Sinjai A. Seto Gadhista Asapa, SH. LLM menyerahan bantuan alat dan mesin pertanian secara simbolis kepada kelompok tani yang berlangsung di halaman kantor dinas tanaman pangan, holtikultura dan perkebunan, Senin (30/12/2019)

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Ir.Hj.Marwatiah, M.Si dalam laporannya menyampaikan tujuan kegiatan ini dilaksanakan untuk mendukung peningkatan produksi, produktivitas dan kualitas hasil tanaman pangan,holtikultura dan perkebunan yang merupakan bagian dari komitmen pemerintah daerah terhadap kesejahteraan petani, mendukung pengembangan kawasan kopi di kabupaten Sinjai, mendukung efesiensi dan efektivitas pengelolaan usaha tani serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani.

Adapun jenis dan jumlah alsitan yang akan kami serahkan kepada kelompok tani yang ada di kabupaten sinja, yang bersumber dari APBD kabupaten sinjai yaitu traktor sebanyak 31 unit, kultivator 10 unit, pompa air 6 unit, mesin perontok padi/portreser 5 unit, mesin pulves 4 unit, LMU 7 unit, penggilingan padi kecil 2 unit, pengering kopi 1 unit, pengajang tembakau 10 unit, bibit kopi 17.500 pohon. Sedangkan yang bersumber dari APBN yaitu pombain harvester besar (alat panen) 6 unit, traktor roda empat 2 unit, pompa air 9 unit, kultivater 4 unit, traktor roda dua 40 unit, koanseler 10 unit, korpreser 10 unit, mesin pemutih beras 2 paket.

Bupati Sinjai A. Seto Gadhista Asapa,SH.,LLM menyampaikan bantuan alsinta yang saya serahkan pada hari ini adalah bantuan pemerintah baik yang bersumber dari APBD maupun APBN tahun 2019. Penyerahan ini menjadi penting sebagai upaya lebih meningkatkan produksi, produktivitas dan kualitas hasil pertanian terutama komoditi padi, jagung, cabe dan bawang merah, tembaku dan kopi.

Bantuan alsintan ini akan kita tingkatkan dan kita kembngkan pada masa yang kn datang, sehingga pemerintah daerah tidak akan pernah berhenti berupaya untuk membantu kelompok tani dalam pengadaan peralatan termasuk prasarana pertanian yang masih sangat dibutuhkan.

Baca Juga :   Bupati Sinjai Teken Kerjasama Tridarma Perguruan Tinggi dengan UIN Alauddin Makassar

Saya berharap kepercayaan pemerintah pusat dan pihak lainnya yang selam ini diberikan kepada pemerintah daerah Sinjai agar kita jaga bersama melalui pengelolaan alsintan yang baik sehingga kelompok tani lebih berkembang dan bersemangat dalam pengelolaan usaha taninya, pungkasnya

Ia juga berharap kepada para kelompok tani penerima bantuan, saya meminta untuk selalu bermusyawarah dengan seluruh anggotanya dalam menetapkan sistem pengelolaannya dan melaporkan kepada aparat baik tingkat desa, kecamatan maupun tingkat kabupaten sekaligus sebagai bahan evaluasi ditingkat kabupaten dalam menyusun kebijakan pembangunan pertanian selanjutnya.

Turut hadir Wakil Bupati Sinjai, Sekretaris daerah,Ketua DPRD Sinjai, Kapolres Sinjai, Dandim 1424 Sinjai, Staf Ahli, Para Kabag, para mantri tani se-kabupaten sinjai serta para penyeluruh se-kabupaten Sinjai.

(hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *