Opini  

Peran Komunikasi Dalam Dunia Information Technology (IT)

Foto Harfina Febrianti Hafid Wasekum Bidang (Eksternal Kohati Komisariat Sains dan Teknologi)

OPINI _ Perkembangan Information Technology (IT) kini telah menunjukkan kemajuan yang sangat pesat. Kemajuan itu telah menyebabkan manusia lebih mudah untuk berhubungan satu sama lain sehingga peran komunikasi dalam dunia Information Technology (IT) mempunyai kaitan yang erat dan sangatlah besar karena dalam adanya informasi yang mendukung akan terciptalah komunikasi yang efektif.

Menyampaikan pesan dan mendapatkan berita merupakan hal yang tidak mudah. Dahulu sulit sekali mengumpulkan hasil penelitian dari berbagai pandangan tetapi saat ini artikel bahkan jurnal sudah tersedia diberbagai media dan mudah didapatkan asal mengikuti syarat dan ketentuan yang dibutuhkan, pembaca akan dapat membacanya. Selain itu juga apabila kita masuk ke toko buku, apapun yang kita cari ataupun tidak tersedia, mereka akan bersedia mencarikannya walaupun harus dipesan dari luar negeri.

Kecepatan dan kemudahan dalam menyebarkan informasi tidak hanya dalam dunia ilmu saja melainkan juga dari segi lain seperti berita Banjir Bandang yang terjadi di NTT tersebar ke seluruh dunia hanya dalam waktu beberapa menit setelah peristiwa itu terjadi dan kini revolusi mempengaruhi berbagai kegiatan manusia, revolusi ini berkenaan dengan berita dan pesan yang berhubungan dengan Communication and Information Technology.

Ada yang menyebutnya Revolusi Information Technology dan ada pula yang menyebutnya Revolusi Communication Technology karena mereka lebih tertarik pada teknologinya saja dibanding informasinya tetapi Communication Technology dapat mengandung dua pengertian yakni yang pertama menunjuk kepada alat-alat pemindah berita dan yang kedua menunjuk pada alat-alat pemindah manusia atau barang. Karena teknologi yang berkenaan dengan pemindahan berita pada umumnya lebih suka dengan istilah revolusi Information, sedangkan yang tertarik pada teknologi pemindahan, baik yang dipindahkan adalah manusia ataupun barang akan lebih suka dengan istilah revolusi Communication. Jadi kedua pengertian ini tidak bisa dipisahkan karena terdapat tumpang tindih walaupun keduanya berbeda.

Contohnya, kapal dapat berfungsi sebagai alat memindahkan manusia dari satu tempat ke tempat lain dan dapat pula berfungsi sebagai alat untuk memindahkan berita dari satu tempat ketempat yang lain, mengapa saya mengatakan memindahkan berita? Karena menggunakan kapal kita bisa mengirimkan surat kabar, nah dari sini sudah nampak letak perbedaan sudut pandang.

Baca Juga :   Jika Ada Kopi Yang Pahit, Maka Ada Gula Yang Manis

Kemudian Communication and Information Technology menduduki Peran yang Strategis karena sebagian besar sejarah industri berisi tentang perubahan alat atau mesin yang dipergunakan dan sebagainya. Adapun penemuan alat atau mesin dalam zaman revolusi ini tidak mempunyai pengaruh yang besar karena pengolahan informasi masih tetap dilakukan oleh manusia dan sekarang teknologi untuk mengolah informasi lebih cepat perkembangannya dari perkembangan teknologi untuk kegiatan fisik dan biayanya sudah semakin murah.

Revolusi Information Technology menyebabkan orang dengan cepat mengetahui dan mengirimkan berita, jadi terciptalah komunikasi yang efektif. Orang berusaha menanggapi, memperbaiki dan menciptakan hal yang baru sehingga terjadi perkembangan. Revolusi Information ini melahirkan alat dan mesin yang dibuat untuk diketahui serta dimengerti dengan jelas dari mana informasinya.

Selain itu juga dalam Revolusi Industri, kereta api memperpendek waktu dalam melalukan perjalanan, termasuk perjalanan berita pun dari beberapa hari sisa menjadi beberapa jam. Kini revolusi teknologi information memperpendek waktu itu secara drastis.

Lalu dalam rangka ini Communication and Information Technology banyak mempengaruhi setiap unsur rantai nilai, mengubah hubungan antar kegiatan serta menyebabkan komunikasi jarak jauh dapat dilakukan dengan mudah dan juga menyebabkan informasi tentang keadaan konsumen. Hal ini membantu pembukaan cabang perusahaan menjadi mudah, bukan hanya didalam negeri saja tapi diluar negeri pun.

Dari Communication and Information Technology menimbulkan perubahan bekerja, cara membuat suatu produk sehingga Information Technology menunjang adanya komunikasi, contohnya Surat Kabar, Majalah dan sebagainya serta Communication Technology yang banyak dipergunakan dan besar dukungannya terhadap revolusi information adalah komputer karena dapat digunakan sebagai mesin ketik untuk mengolah kata, selain itu komputer juga dapat digunakan untuk merancang information.

Penulis : Harfina Febrianti Hafid
Jabatan : Wasekum Bidang Eksternal Kohati Komisariat Sains dan Teknologi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *