Pemkot Kendari Cairkan Insentif Nakes, Wali Kota Lakukan Penyerahan Secara Simbolis

Pemkot Kendari Cairkan Insentif Nakes, Wali Kota Lakukan Penyerahan Secara Simbolis
Pemkot Kendari Cairkan Insentif Nakes, Wali Kota Lakukan Penyerahan Secara Simbolis di RSUD Kota Kendari, Kamis (22/07/2021)

KENDARI, exposetimur.com – Pemerintah Kota Kendari telah mencairkan dana insentif bagi tenaga kesehatan (nakes) dan tenaga penunjang penanganan pasien Covid-19.

Bertempat di Private Medical Care Center (PMCC) RSUD Kota Kendari, penyerahan dana insentif tersebut secara simbolis dilakukan oleh Wali Kota Kendari H. Sulkarnain K., SE., ME., Kamis 22/7.

Untuk diketahui, insentif petugas kesehatan sendiri bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Kementerian Kesehatan, dan sisanya dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Kendari. Insentif Nakes yang diberikan merupakan insentif bulan Oktober-Desember 2020 yang sempat tertunda.

Wali Kota Kendari menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan pembayaran ini karena harus menyesuaikan dengan aturan dan kondisi keuangan daerah. “Tahun 2021 ini baru ada informasi dari pemerintah pusat bahwa itu diserahkan ke pemerintah daerah dalam bentuk dana transfer dari pemerintah pusat. Akan tetapi transfer dana dari pemerintah pusat sudah ada posnya, sehingga kita belum tahu dari pos mana yang mau dianggarkan, itulah kenapa insentif nakes ini baru kita selesai Oktober hingga Desember. Sisanya, untuk insentif sejak Januari hingga Juni 2021, kita masih menunggu kejelasan dari pemerintah pusat apakah diserahkan pada pemda atau kembali ditangani pemerintah pusat. ” Terangnya.

Dalam kesempatannya, Walikota Kendari juga menjelaskan bahwa pendapatan yang diterima tenaga kesehatan (nakes) terdiri dari empat item yaitu gaji pokok, tunjangan kinerja, insentif dan jasa medis. “Untuk gaji pokok dan tunjangan kinerja rutin dan lancar dibayarkan oleh Pemerintah Kota Kendari pada nakes, namun insentif dan jasa medis masih dikoordinasikan dengan pemerintah pusat karena nilainya cukup besar, bisa mencapai puluhan miliar rupiah.” Ungkapnya.

Lebih lanjut dirinya juga menambahkan, bahwa pemerintah terus bekerja keras, mengupayakan yang terbaik serta semaksimal mungkin dalam menangani pandemi Covid-19 ini baik dari segi regulasi, kebijakan serta anggaran disiapkan dengan sebaik mungkin.

Baca Juga :   Sinergi Bersama Polri dan Staf Khusus Presiden, Wagub Sultra Buka Pelaksanaan Vaksinasi Merdeka Serentak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *