Rangsang Produksi Pangan, Pemkab Majene Gelar Festival Pangan Lokal Beragam B2SA

  • Bagikan
Festival Pangan Lokal Beragam B2SA Kabupaten Majene
Festival Pangan Lokal Beragam B2SA Kabupaten Majene

Majene, exposetimur.com – Pemerintah kabupaten Majene melalui Dinas Ketahanan pangan dan tim pengarak PKK menggelar acara festival pangan lokal Beragama (Bergizi, Seimbang dan Aman) B2SA yang digelar di pendopo Rujab Bupati, Rabu (29/09/2021).

Dalam acara Festival tersebut, Hadir yang mewakili Bupati, Asisten II Kabupaten Majene (Amran SH ),  Turut hadir, Sekretaris Daerah Kabupaten Majene, Staf Ahli, Asisten, Para Kepala OPD Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Majene, Ketua PKK Kabupaten Majene, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Majene Beserta Jajarannya dan para peserta lomba.

Ketua PKK Kab Majene Ibu Hj Najma M Bachyt Fatta Mengatakan bahwa, penganekaragaman pangan merupakan upaya peningkatan ketersediaan dan konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan berbasis pada potensi sumber daya lokal untuk mewujudkan sumber daya manusia (sdm) yang sehat, aktif dan produktif, serta mengucapkan banyak terimah kasih khususnya kepala dinas ketahanan pangan kab majene atas acara yang dilakukan pada hari ini

Selanjutnya, untuk mendorong percepatan penganekaragaman pangan, maka perlu dilakukan upaya-upaya peningkatan baik untuk memperkenalkan berbagai jenis aneka ragam pangan

Dalam sambutan kepala Dinas prtahanan Pangan (Ir. Hamzah Dj) menyampaikan rangka mewujudkan pola konsumsi pangan yang baik, maka konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) dengan memanfaatkan pangan lokal, menjadi sangat penting untuk diterapkan dalam pola konsumsi sehari-hari.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten majene melalui dinas petahanan pangan memperkenalkan pangan lokal tujuannya untuk mendorong penerapan komsumsi pangan dan setelah acara ini yang menjuarai akan mewakili kabupaten majene di tingkat propinsi sulawesi barat.

Dalam sambutan Bupati Majene yang diwakili langsung Asisten II menyampaikan bahwa, pemenuhan pangan sangat penting sebagai komponen dasar untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Baca Juga :   Dibuka Ketua TP-PKK Sulsel, Pangan Pasar Tani Di Ikuti 10 Kabupaten Se-Sulsel

“Untuk itu, upaya penganekaragaman pangan menjadi sangat penting. Dari sisi ketersedian, upaya tersebut dapat menyediakan pilihan pangan yang lebih beragam dengan pengembangan sumber daya lokal”ucapnya

Dengan adanya Acara Festival pangan lokal ini pemerintah Kabupaten Majene khususnya melalui Dinas Ketahanan Pangan akan terus meningkatkan produksi pangan dengan penyediaan pangan yang beraneka ragam, mewujudkan tingkat kecukupan pangan masyarkat

Selanjutnya dalam penilaian berbagai makanan yang disajikan para peserta lomba dinas petahanan pangan menghadirkan 5 juri lokal diantaranya:
1. Dra Nurjanna Masri
2. Haslita Arief Saleh Sp, MMa
3. Hj Andi Rahmawati SH, MM
4. Hj. Nurdianti Mithar Skm
5. Gazali S.ST M.kes

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: