Wujudkan Layanan Internet Hingga Pelosok Desa, Pemkab Koltim Serahkan Bantuan Internet

Didampingi Kadis Kominfo, Plh Bupati Koltim serahkan bantuan layanan Internet untuk 24 Desa
Didampingi Kadis Kominfo, Plh Bupati Koltim serahkan bantuan layanan Internet untuk 24 Desa

Koltim, exposetimur.com – Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur (Pemda Koltim) terus berupaya menghadirkan pelayanan kepada masyarakat hingga pelosok Desa, Salah satu yang dilakukan adalah layanan internet di pelosok terutama pada wilayah Blank Spot area.

Hal ini di buktikan dengan kegiatan penyerahan bantuan internet desa kepada puluhan desa yang ada di Koltim, yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Koltim, Rabu (29/9), 0leh Plh Bupati Koltim Andi Muh Iqbal Tongasa, S.STP, M.Si.

Pada kesempatan tersebut, sebanyak 24 titik internet desa yang diserahkan juga akan disebar di 24 desa yang tersebar di enam kecamatan.

Dalam sambutannya, Plh Bupati Koltim  menyampaikan bahwa sesuai visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Koltim Periode 2021-2026,  yakni “Sejahtera Bersama Masyarakat Kolaka Timur yang Agamis, Maju, Mandiri dan Berkeadilan ” dimana salah satu misinya adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia berbasis ajaran agama, ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) serta budaya lokal.

Berdasar atas misi tersebut, kata Pj.Sekda Koltim ini, salah satu kebutuhan dasar masyarakat adalah layanan Telekomunikasi dan Informasi yang saat, sehingga apa yang dilakukan hari ini merupakan penjabaran dari pemenuhan visi misi tersebut.

“Yang perlu kita pahami, di era Globalisasi ini, Tekhnologi Informasi dan Komunikasi,  memegang peran yang sangat penting, sebab pemanfaatan TIK bukan saja pada dunia Industri, tapi juga pada organisasi pemerintahan yang dikenal dengan Pemerintahan-Elektronik atau E-Goverment. Sebagai salah satu proses dalam mewujudkan visi misi Pemerintah Kolaka Timur tersebut, adalah dengan mengembangkan dengan mekanisme e-Government,” tuturnya.

Kadis Kominfo Koltim tampak menyerahkan bantuan layanan Internet
Kadis Kominfo Koltim tampak menyerahkan bantuan layanan Internet

Dikatakannya bahwa,  konsep memajukan daerah tidak dapat di wujudkan apabila  salah satu fasilitas penting yakni internet tidak diperhatikan. Atas pemenuhan fasilitas ini kemudian diharapkan agar masyarakat yang ada di pelosok Ueesi, Ulu Iwoi, Aere dan Lambandia dapat menikmatinya seperti yang ada di Tirawuta.

Lanjut Iqbal, ” Ini merupakan suatu kebanggaan buat kita semua, Koltim merupakan salah satu daerah yang paling banyak mendapatkan bantuan tersebut yakni 24 titik yang akan dibagi ke 24 desa di enam kecamatan. Jumlah ini terbilang luar biasa, karena tidak termasuk daerah 3T atau Terdepan, Terluar” Jelasnya.

Diungkapkan Plh Bupati ini, bahwa beberapa waktu lalu, dirinya bersama Kadis Kominfo Kolaka Timur I Nyoman Abdi S.Pd, M.Pd berangkat ke Jakarta untuk melaporkan kondisi wilayah Koltim sekaligus mengusulkan kebutuhan jaringan Telekomunikasi dan Internet yang sangat dibutuhkan di wilayah Kabupaten Kolaka Timur. Alhasil kata dia, dengan segala  upaya yang dilakukan, Koltim ahirnya mendapatkan bantuan 24 unit akses internet. Meskipun kata dia, masih ada tantangan berat yang dihadapi, yaitu pendirian menara BTS, karena syarat mutlaknya adalah daerah kategori 3T. Tetapi semoga di tahun berikutnya bisa terpenuhi, sehingga akses internet di BTS ini bisa diperoleh, karena masih ada 36 desa dan kelurahan yang masih Blank Spot.

Baca Juga :   Ringankan Beban Korban Kebakaran, IPPMBA Bersama IPQHA Serahkan Bantuan

“Untuk diketahui, sampai saat ini, jumlah desa atau kelurahan yang belum terakses oleh internet seluruh Indonesia, jumlahnya masih mencapai 12.548 desa dan kelurahan, dimana wilayah yang berada di Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3T). Nah, esensi yang terpenting dari bantuan internet desa tersebut, adalah memanfaatkan TIK untuk meningkatkan kualitas sumber daya masyarakat sekitar, mampu mengenal lebih luas dunia luar, dan bisa dimanfaAtkan untuk kepentingan yang yang lebih baik,” tutupnya.

Sementara itu dalam laporannya, Kadis Kominfo menjabarkan, jika tahun ini Koltim dibantu 24 akses internet dari Bantuan BAKTI Kementerian KOMINFO, dari sisi Telekomunikasi alat ini bekerja langsung mengakses internet ke Satelit, kemudian daerah yang sulit merelay jaringannya.Jenis perangkat bantuan ini adalah bantuan ini memiliki jenis perangkat Ku Band, dengan jenis layanan Broadband Access, dengan besaran Bandwich Dwon adalah 1,5 Mbps, Up=0,5 Mbps.

“Ini semua gratis pemakaiannya sampai Desember 2024, sesuai kontrak BAKTI dengan pihak penyedia Bandwich. Total nilai bantuan tersebut adalah 4.941.518.352 rupiah. Adapun daerah sebaran dari total 24 titik ini, yakni 10 di Kecamatan Ueesi, 7 di Kecamatan Ulu Iwoi, 3 di Kecamatan Aere, 2 di Kecamatan Tinondo dan masing-masing 1 di Kecamatan Lambandia dan Poli-Polia. Harapan kami, agar Kolaka Timur bisa dibantu segera pendirian Menara BTS. Untuk mewujudkan itu, terlebih dahulu Kolaka Timur harus ditetapkan sebagai daerah 3T khususnya di beberapa wilayah,” bebernya.

Sebelumnya, Kadis Kominfo yang mudah ditemui ini menuturkan bahwa, setelah giat penyerahan seluruh layanan internet desa ini, dirinya akan punya waktu berdiskusi dengan semua pihak terkait apa saja yang dibutuhkan untuk kemajuan Kolaka Timur, terkhusus yang menjadi bagian dari tugas yang diamanahkan kepadanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *