Industri Kreatif Dalam Bidang Fashion Berperan Penting Dalam Perekonomian

  • Bagikan
Nurlina Putri Asani

OPINIexposetimur.com _ Industri kreatif dalam bidang fashion berperan penting dalam perekonomian,Pasalnya industri fashion merupakan Unjung rantai dari industri tekstil yang memiliki nilai tambah tinggi Sebagai salah satu dari 16 kelompok industri kreatif, industri fashion juga berperan penting dalam perekonomian nasional.

Fashion merupakan salah satu subsektor industri kreatif yang memiliki kontribusi ekonomi tinggi Bahkan industri fashion di anggap mampu untuk menjadi penggerak dalam perkembangan industri kreatif Indonesia.

Menurut Thomas Karlyle; “pakaian adalah perlambangan dari jiwa Pakaian tidak dapat di pisahkan dari perkembangan sejarah kehidupan dan budaya manusia”. Dengan kata lain fashion dapat diartikan sebagai kulit segi sosial yang mengandung pesan dan juga cara hidup individu maupun komunitas tertentu yang menjadi bagian dari kultur sosial.

Fashion tidak hanya berkaitan dengan gaya dalam berpakaian saja akan tetapi berhubungan juga dengan gaya aksesoris, kosmetik, gaya rambut, dan lain-lain yang dapat menunjang penampilan seseorang.

Dalam perkembangan ekonomi saat ini dibutuhkan peranan industri kreatif untuk menunjang negara Perkembangan industri kreatif dapat dilihat dalam banyak bidang, salah satunya ialah industri fashion. Dampak dari perkembangannya ialah bertambahnya jumlah lapangan kerja dan peningkatan pendapatan negara.

Penulis: Nurlina Putri Asani (Mahasiswa Universitas Sembilan Belas November Kolaka semester 1 Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Program Studi Manajemen)

Baca Juga :   Tertindas Demi Kata Pantas
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: