BTS Sebagai Inspirasi Kaum Remaja

  • Bagikan
Helena Deci

 

OPINIhttp://Exposetimur.com  BTS atau dikenal sebagai Bangtan Boys adalah nama grup vokal pria asal Korea Selatan yang beranggotakan tujuh orang yaitu Kim Namjoon, yang dikenal dengan RM skaligus leader dari Boyband ini, Kim Seok Jin yang biasa dipanggil Jin, Min Yoon Gi yang dikenal dengan Suga, Jung Ho Seok yang dikenal J-Hope, Park Jimin yang dikenal sebagai Jimin, Kim Tae Hyung yang dikenal dengan V, dan yang terakhir ada Jeon Jung Kook yang dikenal dengan Jungkook.

BTS dibentuk oleh Hybe Corporation. BTS dibentuk pada tanggal 13 Juni 2013 sampai sekarang. BTS adalah salah satu grup band pria asal Korea yang digemari oleh banyak kaum remaja di dunia khususnya remaja putri. “No Mire Dream” merupakan salah satu lagu debut milik mereka pertama kali. Fanbas BTS biasa disebut sebagai ARMY. ARMY adalah singkatan dari Adorable Representative M.C for Youth, yang artinya sebagai rapper yang mewakili generasi muda.

BTS adalah salah satu grup vokal pria asal Korea yang bisa memberi inspirasi bagi para fansnya, terutama bagi kaum remaja putri.

BTS memberi contoh pertemanan yang sehat terhadap kaum remaja yang di mana mereka memiliki cara tersendiri untuk membuat hubungan kerja mereka lebih dalam dan lebih kuat dalam menjalin hubungan dengan anggota member lainnya dengan baik.

Mereka tidak pernah merasa iri jika ada member yang lebih bersinar. Dan itulah yang menjadi contoh bagi kaum remaja. Tidak hanya peduli sesama membernya saja BTS juga peduli dengan fans mereka. Para anggota BTS merelakan hidup mereka untuk para penggemarnya.

Seperti yang diungkapkan salah satu member mereka yaitu Kim Namjoon dalam pidato di United Nations, bahwa tujuan mereka adalah bisa berguna untuk orang lain (popmama.com).

Selain wajah mereka yang tampan dan elok dipandang, kepribadian anggota BTS juga sangat terpuji. Baik di depan kamera maupun di belakang kamera, mereka tetap konsisten menjadi pribadi yang rendah hati. Jika ada haters yang mengeluarkan kata-kata kasar mereka hanya menanggapi dengan tertawa dan malah mengucapkan terima kasih atas perhatian yang telah diucapkan.

Baca Juga :   Peran Komunikasi Dalam Dunia Information Technology (IT)

Ada beberapa alasan BTS menjadi panutan untuk remaja. Pertama, tema lagu yang positif. Lagu-lagu BTS tidak seperti lagu-lagu remaja lainnya yang sering kali berbicara tentang cinta. BTS memiliki lagu yang bertema self love atau mencintai diri sendiri. Selain itu, lagu-lagu BTS juga meningkatkan kesadaran akan kesehatan mental dan tidak apa-apa jika merasa tidak baik-baik saja. Seperti salah satu lagu barunya, “Life Goes On” yang bercerita tentang situasi saat ini. Meski sulit tapi hidup tetap berjalan.

Kedua, menghindari toxic positivity. Meskipun benyak pesan positif yang disampaikan melalui karya-karyanya, BTS  sangat berhati-hati untuk tidak menyebarkan toxic positivity atau sikap positif yang berlebihan. BTS berusaha menyampaikan kalau sedih itu tidak menjadi masalah karena manusia memang tidak bisa selalu senang atau sukses terus (cnnindonesia.com).

BTS memiliki daya tarik tersendiri untuk menggaet penggemar khususnya remaja putri. Prestasi yang mereka raih sampai saat inilah yang membuat para penggemarnya atau yang biasa dikenal dengan ARMY menjadi inspirasi untuk menjalani hidup mereka. ARMY selalu mendukung karya-karya yang dihasilkan oleh BTS. ARMY juga merasa dihargai karena BTS sangat menyayangi para penggemar mereka dengan menganggap bahwa ARMY adalah hidup mereka. Bagi ARMY sendiri BTS adalah penyemangat mereka untuk melakukan segala aktivitas mereka setiap hari. Banyak orang yang mengatakan bahwa grup vokal BTS adalah grup vokal para plastik atau grup vokal bencong. Tetapi bagi kami para ARMY mereka adalah isnpirasi kami.

 

 

Penulis : Helena Deci

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: