Opini  

Merefresh Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Riska Yunus, Siswi SMAN 9 Sinjai

OPINI,EXPOSETIMUR.COM _ Sumpah pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober, dan tibalah hari ini, hari sumpah pemuda yang ke-91.

Mari mengenang, bagaimana perjuangan dan kegigihan Pemuda mengambil bagian melalui persatuan dalam memerdekakan Indonesia.

Sumpah Pemuda, suatu pengakuan dari Pemuda Pemudi Indonesia di Ikrarkan pertama kali pada tanggal 28 Oktober 1928 hasil rumusan dari Kongres pemuda II.

91 tahun yang telah berlalu, sumpah dan janji leluhur adalah ikrar suci untuk tanah air ini.

Pemuda sejatinya adalah yang mampu melahirkan ide serta menjadi agen perubahan.

Mengikrarkan sumpah pemuda sebagai semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia, yaitu cita-cita akan tanah air Indonesia, bangsa Indonesia dan bahasa Indonesia.

Perkuat persatuan dan kersatuan dalam bingkai pemuda, mari sama-sama mengingat bahwa, Pemuda terdahulu pernah berjuang mati-matian demi bangsa ini.

Jika Pemuda terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap sikap promordial suku, agama, ras menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas Pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan keluar batas-batas tembok, demi menyongsong masa depan Indonesia bahkan dunia yang lebih baik.

Bung Karno pernah berkata “Beri aku 10 pemuda, maka akan aku guncangkan dunia”. Betapa hebatnya kaum muda bila bersatu.

Hari ini dan dimasa selanjutnya, jadilah pemuda berkualitas, serta junjung tinggi rasa cinta terhadap tanah air.

Kekurangan kita adalah, kurang percaya diri kepada bangsa kita sendiri, hidupkan jiwa muda penuh optimisme, sebab kemajuan ada ditangan kita, maka dari ini kita harus tetap bersatu dengan penuh kayakinan bahwa bangsa ini adalah bangsa besar yang ditangan pemudalah nasib bangsa ini ditentukan.

Semangat para Pemuda dalam menatap dan ikut membangun, harus tetap menjadi obor penyemangat bagi pengabdian Pemuda Indonesia dengan ikut serta dalam pertisipasi mengangkat nama bangsa dan tanah air tercinta. Mari hadirkan semangat patriotisme dalam mewujudkan bangsa kita yang maju, bersatu serta bermartabat dimata Internasional.

Baca Juga :   Hari Sumpah Pemuda, Polsek Bajeng dan Karang Taruna Paraikatte Akan Gelar Baksos

Selamat Hari Sumpah Pemuda.
28 Oktober 2019

RISKA YUNUS
(Siswi SMAN 9 Sinjai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *