Nahkoda Baru Pengurus Daerah PERHAPI Sulawesi Selatan Resmi Dilantik

  • Bagikan
Foto pengurus PERHAPI Sulawesi Selatan

MAKASSAR, EXPOSETIMUR.com – Pengurus Daerah Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (PERHAPI) Sulawesi Selatan akhirnya kembali memiliki nahkoda (19/02/2020) setelah beberapa tahun vakum tanpa kegiatan.

Musyawarah Daerah yang dilaksanakan pada bulan desember lalu mengantarkan mantan Ketua Jurusan Teknik Pertambangan FTI UMI, Dr. phil. nat. Sri Widodo, S.T., M.T., berada di pucuk pimpinan organisasi para ahli tambang ini. Widodo terpilih secara aklamasi setelah beberapa kandidat lainnya tidak mampu memenuhi syarat minimum pencalonan.

Proses pelantikan dan pengukuhan pengurus PERHAPI dipimpin langsung oleh Ketua Umum Badan Pengurus Pusat PERHAPI Ir. Rizal Kasli, IPM dan Sekertaris Umum Ir. Resvani, M.B.A.

ebelum pelantikan, Rizal Kasli memberi tantangan kepada pengda Sulawesi Selatan agar dapat kembali menjalankan roda organisasi dengan menyusun program kerja yang sejalan dengan program kerja pengurus pusat, khususnya dalam menghadapi perkembangan teknologi 4.0 yang tentu berimbas pada industri pertambangan di tanah air.

Terlebih keberadaan lembaga pendidikan pertambangan di Kota Makassar berjumlah enam kampus merupakan yang terbanyak di Pulau Sulawesi, hal ini tentu akan sangat mendukung berjalannya organisasi ini dengan baik. Selain melantik pengurus daerah, Rizal Kasli juga menetapkan Dewan Penasehat dan Dewan Pakar Pengda PERHAPI Sul-Sel yang merupakan akademisi dan praktisi pertambangan, seperti Prof.Ir. Abrar Saleng, Akademisi UNHAS, Dr. Ir. H. Zakir Sabara HW, M.T., IPM., ASEAN Eng., Dekan FTI UMI Makassar dan Ir. Jemi Abdullah, M.S, Kabid Minerba Dinas ESDM Sul-Sel.

Widodo yang merupakan alumni tambang UVRI, kampus pertambangan pertama di Makassar, tentu menjawab tantangan ini dengan semangat dan penuh keyakinan karena melihat antusiasme ahli pertambangan di Sulawesi Selatan dalam mengawal berjalannya kembali roda organisasi ini. “PERHAPI adalah wadah pengabdian bagi kita untuk memajukan pertambangan Indonesia dan berpartisipasi dalam mewujudkan bangsa Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur”, imbuhnya sebelum menutup sambutan.

Baca Juga :   Detik Detik Akhir JK Berkantor Sebagai Wapres

Pelantikan ini juga dirangkaikan dengan seminar nasional pertambangan 2020 yang dilaksanakan oleh IKA Tambang UVRI Makassar di Jasmine Hall, Hotel Claro. Pembicara dalam seminar ini berasal dari berbagai pihak yang terkait dengan industri pertambangan, seperti Kajati Sul-Sel, BPPH Lingkungan Hidup Sul-Sel, Akademisi serta beberapa perusahaan pertambangan.

Pengurus Pengda PERHAPI Sul-Sel 2020-2023

Ketua : Sri Widodo

Wakil Ketua : Firman Nullah Yusuf

Sekretaris : Andi Ilham Samanlangi

Sekretaris 1 (tata kelola kesekretariatan/kepala sekretariat) : Enni Tri Mahyuni

Bendahara : Nurliah Djafar

Bendahara 1 (tata kelola pencatatan dan pelaporan keuangan) : Ritnawaty

Kabid Organisasi : Moh. Khaidir Noor

Kabid Layanan Keanggotaan : Nur Asmiani

Kabid Dana Usaha : Suharsa Hamid

Kabid Outreach & Student Chapter : Anshariah

Kabid Publikasi & Sosial Media : Abdul Salam Munir

Kabid Teknologi Informasi : Habibie Anwar

Kabid Hubungan Kelembagaan : Muhammad Ali

Kabid Hubungan Lembaga Pendidikan & Penelitian : Sufriadin

Kabid Kajian Strategis Pertambangan : Jamaluddin

Kabid Kajian Kebijakan Inovasi & Teknologi : Purwanto

Kabid Working Group : Zulfahmi

(Redaksi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *