Warning Eksploitasi, Hipermata Komisariat UNM Menyatakan Sikap Soal Tambang di Galesong

  • Bagikan

TAKALAR, EXPOSETIMUR.com -Terkait aktifitas tambang galian C yang ada di desa Kalukuang kecamatan Galesong kabupaten Takalar, Hipermata komisariat unm lakukan penelusuran terkait warga yang dilaporkan oleh pihak penambang, dalam hal ini H. Saiful Dg Tarra sebagai pemilik tambang.

Mengenai observasi yang dilakukan oleh pengurus Hipermata komisariat UNM Takalar minggu 29/03/2020 adanya aktifitas tambang yang berada disekitaran lokasi pemukiman warga dan lahan pertanian warga setempat yang merugikan para petani yang ada disekitar tambang, dimana pada lokasi penambangan semakin hari semakin meluas yang berdapak terhadapa lokasi pertanian yang ada disekitaran tambang.

Kabid PPD dalam hal ini Muhajirin yang datang melakukan observasi mengatakan jika aktifitas tambang ini akan berjalan terus tentunya lahan pertanian warga setempat yang akan menjadi korban dari pihak penambang seperti adanya pelebaran lokasi tambang yang diakibatkan oleh longsor dari penambangan, dan terancam akan rusaknya ketersediaan air dan penghasilan lahan pertanian yang menurun.

Berdasarkan warga yang dilaporkan dari pihak penambang yang dikatakan dalam pelaporan pihak penambang warga terindikasi dalam pengrusakan jalan. Dimana pada masalah seperti ini peran pemerintan sangat dibutuhkan baik itu dari tatanan desa, kecamatan hingga kabupaten serta seluruh pihak yang berwajib, dalam penanganan tambang galian C yang ada di kalukuang galesong ini.

Rizal Sukarman selaku ketua Hipermata komisariat universitas negeri makassar mengatakan dari dugaan penutupan jalan yang dilakukan warga dari aktifitas penambangan, kita dapat melihat bahwa ada yang salah dari aktifitas penambangan karena masyarakat yang telah turun tangan akan dampak yang mereka rasakan akibat penambangan ini.

“Untuk mengenai tindak lanjut dari masalah ini pihak yang berwajib seperti Pemerintah Daerah, DPRD, POLRES dapat bersih tegas dan dapat melihat dampak yang dirasakan warga sekitar pertambangan tersebut, maka dari itu kami dari hipermata khususnya komisariat unm akan siap ambil sikap untuk mendampingi warga setempat akan pengawalan,” Ujar Rizal.

Baca Juga :   Warganet di Kota Palopo Keluhkan Pelayanan Air, Ini Jawaban Humas PDAM

(Ris/Red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: