Plt Bupati Hadiri Kegiatan Advokasi Keamanan Pangan Di Kabupaten Kaimana

Sambutan Pelakasana Tugas Harian Bupati Kaimana Luther Rumpumbo, S.Pd, MM sekligus mebuka acara Advokasi kemanan pangan ,Kamis (22/04/21)

Manokowari, Exposetimur.com _ Pelakasana Tugas Harian Bupati Kaimana Luther Rumpumbo, S.Pd, MM menghadiri acara Advokasi Kegiatan Intervensi Keamanan Pangan dalam rangka Program Prioritas Nasional Badan POM Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD) Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas (PPABK) Tahun 2021, yang diselenggarakan BPOM Manokwari, Kamis (22/04/2021) di Kaimana Beach Hotel kemarin.

Hadir Pada acara tersebut, Kepala Bappeda Litbang, Kepala Dinas Perindakop, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Satuan Polisi Pamomh Praja, Sekretaris Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan anak, kepala Kelurahan Krooy dan Kepala Kampung Trikora serta para Undangan lainnya.

Foto bersama Plh Bupati Kaiman dengan BPOM dan OPD yang hadir pada acara advokasi kemanan pangan, Kamis (22/04/21) di Manokowari

Pelaksana Tugas Harian Bupati Kaimana Luther Rumpumbo,S.Pd, MM dalam sambutannya mengatakan pangan adalah kebutuhan dasar hidup manusia yang paling utaman dan dalam pertumbuhannya merupakan bagian dari hak asasi manusia. Seperti yang diamanatkan dalam UU Pangan Nomor 18 tahun 2018 serta dijamin oleh UUD Negara RI 1945 sebagai komponen dasar untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas.

“Pangan adalah kebutuhan dasar hidup manusia yang paling utama. Dan dalam pertumbuhannya merupakan bagian dari hak asasi manusia. Seperti yang diamanatkan dalam UU Pangan Nomor 18 tahun 2018 serta dijamin oleh UUD Negara RI 1945. Oleh karenanya, pemerintah berkewajiban wujudkan ketersediaan, keterjangkauan dan pemenuhan konsumsi pangan yang cukup, aman dan , bermutu, dan bergizi seimbang baik tinkat nasional maupun daerah termasuk pedesaan hingga perseoranggan hingga merata di wilayah NKRI sepanjang waktu dengan memanfaatkan sumber daya, kelembagaan dan budaya local.” Ujar Rumpombo dalam sambutannya.

Kepala BPOM Manokwari, Herianto Baan,S.Si, Apt, dalam kesempatan sambutan pembukanya mengatakan, Kabupaten Kaimana merupakan salah satu dari tiga kabupaten yang dipilih di tahun 2021 untuk melaksanakan kegiatan advokasi ini. Menurut beliau, program keamanan pangan merupakan program Nasional. Hal ini dilakukan dalam rangka  untuk membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya ketahanan pangan.

Baca Juga :   Bapas Bersama Polres Fakfak Teken Mou Untuk Pengawasan Klien Pemasyarakatan

Acara advokasi dibuka oleh Pelaksana Tugas Harian Bupati, ditandai dengan penabuhan tifa dan dilanjutkan dengan penandatanganan Komitmen bersama dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama. (rep/FN/kom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *