Opini  

Pengaruh Infrastruktur Terhadap Perekonomian Masyarakat

Maria Beatrikson Sapta (Mahasiswi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)

OPINI _ Infrastruktur merupakan roda penggerak pertumbuhan ekonomi. Fasilitas transportasi memungkinkan orang, barang, dan jasa yang diangkut dari satu tempat ke tempat yang lain di seluruh penjuru dunia. Perannya sangat penting baik dalam proses produksi maupun dalam menunjang distribusi komoditi ekonomi. Telekomunikasi, listrik, dan air merupakan elemen yang sangat penting dalam proses produksi dari sektor-sektor ekonomi seperti perdagangan, industri dan pertanian.

Keberadaaan infrastruktur akan mendorong terjadinya peningkatan produktivitas bagi faktor-faktor produksi. Sebagai daerah penyangga ibukota, Kabupaten Manggarai Timur telah mengalami pertumbuhan yang pesat dalam jumlah penduduk maupun pertumbuhan ekonominya. Berdasarkan data dari BPS Kabupaten Manggarai Timur laju pertumbuhan penduduk Kabupaten Manggarai Timur selama kurun tahun 2002 s/d 2006 mencapai rata-rata 4,22 persen per tahun, jauh lebih tinggi dibandingkan laju pertumbuhan penduduk secara nasional yaitu 1,45 persen pada tahun 2005.

Demikian pula dilihat dari perkembangan laju pertumbuhan ekonomi yang dinilai dari pertumbuhan nilai produk bruto. Selama kurun tahun 2003 s/d 2005, PDRB Kabupaten Manggarai Timur tumbuh rata-rata 13,17 persen per tahun, jauh lebih tinggi dibandingkan laju pertumbuhan ekonomi nasional pada kurun yang sama yaitu 4,94 persen.

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis infrastruktur dalam hal ini jalan, irigasi, dan air bersih dengan peningkatan pembangunan ekonomi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data time series dengan selang waktu tahun 1990 sampai dengan 2006, diperoleh dari BPS. Analisis data menggunakan analisis Regresi Linear Berganda dengan metode Ordinary Least Square (OLS).

Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data menggunakan metode OLS dampak pembangunan infrastruktur terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Manggarai Timur didapatkan bahwa infrastruktur berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Manggarai Timur.

Baca Juga :   Trimelek: Proyeksi Pemuda Multilitersi

Namun infrastruktur jalan tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Manggarai Timur. Hal ini disebabkan jalan raya masih sangat terbatas yang hanya 1,7 km per 1000 penduduk, dan hampir 50 persen dalam kondisi buruk karena sangat kurangnya pemeliharaan yang baik, terutama di jaringan jalan Kabupaten. Hal ini menambah kemacetan lalu lintas setiap tahun, sementara kapasitas jalan yang ditambahkan sedikit.

Sedangkan infrastruktur irigasi berpengaruh signifikan, namun berpengaruh negatif pada pertumbuhan ekonomi Kabupaten Manggarai Timur . Hal ini disebabkan oleh perkembangan wilayah industri dan perumahan yang telah menyebabkan banyaknya pengalihan fungsi lahan pertanian.

Infrastruktur air bersih berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Manggarai Timur . Hal ini disebabkan karena berkembangnya industri di Kabupaten Manggarai Timur , sehingga terjadi eksternalitas atau pencemaran kualitas air tanah di wilayah Kabupaten Manggarai Timur . Oleh karena itu peningkatan produksi air bersih di Kabupaten Manggarai Timur sangat perlu ditingkatkan guna memenuhi kebutuhan rumah tangga maupun industri.

Penulis : Maria Beatrikson Sapta (Kampus : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *