Ragam  

Melalui Sinergi DPR RI dan Pemkab, Seribu Paket Nelayan Dari SDK Untuk Warga Mamuju

Penyaluran bantuan Seribu Paket Nelayan Dari SDK Untuk Warga Mamuju atas sibergi pemkab Mamuju dengan DPR RI serta Kementerian terkait,
Penyaluran bantuan Seribu Paket Nelayan Dari SDK Untuk Warga Mamuju atas sibergi pemkab Mamuju dengan DPR RI serta Kementerian terkait, Ahad (17/10/2021)

MAMUJU, exposetimur.com _ Tak dapat menyembunyikan kebahagiaan, Bupati Mamuju Hj. Sitti Sutinah Suhardi kembali mengulang rasa terimakasih kepada anggota DPR RI Komisi IV, DR. H. Suhardi Duka, yang untuk kesekian kalinya menyalurkan bantuan melalui aspirasi lewat sinergi yang dibangun legislator senayan dengan berbagai pihak sebagai mitranya.

Kali ini, seribu paket nelayan melalui Ditjen perikanan tangkap Kementerian kelautan dan perikanan diterima oleh pemerintah daerah dan langsung dibagikan kepada penerima dalam kegiatan sederhana di Nal Cafe Mamuju (Minggu, 17 Oktober 2021)

Bantuan dari bapak SDK sudah sangat banyak disalurkan ke mamuju, ini tentu adalah bentuk komitmen beliau dalam upaya membantu kita untuk dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, Kata Sutinah dihadapan sejumlah keluarga nelayan yang hadir menerima bantuan pada kegiatan terbatas dengan protokol kesehatan tersebut.

Bupati yang tidak lain adalah anak pertama politisi sekaligus mantan bupati mamuju dua periode Suhardi Duka, mengurai berbagai persoalan yang dialami nelayan pasca bencana gempa bumi dan dampak refocusing anggaran menghadapi pandemi covid-19, ia menjelaskan bahwa berbagai program yang telah direncanakan untuk menunjang produktifitas masyarakat benar-benar terdampak atas dua bencana yang dialami, sehingga dibutuhkan lompatan-lompatan dalam mengoptimalkan program yang ada demi menjaga stabilitas ekonomi masyarakat.

selain itu diperlukan pula sinergi yang saling terintegrasi antara semua pemangku kepentingan sehingga program yang dilakukan dapat saling mengisi di semua tingkatan pemerintahan, serta di dukung oleh stakholders lain yang berkaitan.

“bersyukurnya kita punya pak SDK di Senayan, yang menjadi perwakilan masyarakat Sulawesi barat, dan senantiasa memberikan bantuan kepada kita di Mamuju” Pungkas Sutinah Suhardi.

Suhardi Duka yang hadir dengan stelan kasual Kaos biru ala demokrat, mengatakan dirinya sebagai legislator dari dapil Sulawesi Barat, akan senantiasa berjuang untuk kemajuan Sulawesi barat, ia menyebutkan meski berbagai anggaran program yang direncanakan pada Kementerian sebagai koleganya telah sangat banyak direfocusing, namun ia akan berupaya semaksimal mungkin untuk mendorong optimalisasi kegiatan di Sulawesi barat.

Penyaluran bantuan Seribu Paket Nelayan Dari SDK Untuk Warga Mamuju atas sibergi pemkab Mamuju dengan DPR RI serta Kementerian terkait,
Penyaluran bantuan Seribu Paket Nelayan Dari SDK Untuk Warga Mamuju atas sibergi pemkab Mamuju dengan DPR RI serta Kementerian terkait, Ahad (17/10/2021)

Secara khusus mengulas potensi perikanan di wilayah ini, SDK mengatakan potensi perikanan di Indonesia adalah yang terbesar di Asean, dan perairan di Sulbar adalah salah satu kekayaan yang menyimpan potensi yang sangat luar biasa, namun sayangnya kemampuan untuk mengolah segala potensi tersebut yang masih sangat kurang
“Laut kita ini adalah jalur yang dilalui Bluefind Tuna (ikan tuna sirip biru) yang harganya sangat mahal, tapi belum bisa kita optimalkan, karena nelayan kita masih melakukan penangkapan tradisional, dan ini bisa kita kembangkan” Terang SDK.
Ia berjanji, akan tetap semaksimal mungkin untuk terus mendorong kemajuan di Sulawesi barat.

Baca Juga :   Apresiasi dan Ucapan Penghargaan Gubernur Sulsel Terhadap JK

Kepala pelabuhan samudra kendari, Rahmat Irwan menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak mungkin terlaksana tanpa inisiasi Dr. H. Suhardi Duka, MM. Oleh karena itu, kami sampaikan terima kasih yang tak terhingga atas dukungan bapak anggota komisi IV DPR-RI.

Ia menjelaskan, Terkait dengan kegiatan peningkatan pendapatan nelayan, ditjen perikanan tangkap telah dan akan terus melanjutkan kegiatan antara lain, penyaluran bantuan pemerintah untuk meningkatkan produksi dan produktivitas dengan memberikan bantuan kapal perikanan, bantuan alat penangkapan ikan, bantuan premi asuransi nelayan dan bakti nelayan serta memberikan peningkatan kapasitas dan kelembagaan nelayan antara lain fisilitasi sertifikasi hak atas tanah nelayan, gerai permodalan/kredit usaha nelayan, peningkatan kapasitas kelompok nelayan, pengembangan dan diversifikasi usaha nelayan dan keluarga nelayan, jaminan hari tua nelayan, fasilitas asuransi mandiri nelayan, dll.

Sedangkan kegiatan dalam rangka menunjang stabilitas/penurunan biaya produksi nelayan antara lain melalui kegiatan pembangunan infrastruktur perikanan tangkap seperti pelabuhan perikanan, TPI, fasilitas operasional SPDN/SPBUN, dll. serta Efesiensi sistem usaha dengan peningkatan pelayanan di pelabuhan perikanan, peningkatan pelayanan berusaha di sub sektor perikanan tangkap, penguatan sistem perizinan, Ujar , Rahmat Irwan.

Terpisah, ibu Sumiati (49) warga Kelurahan Rimuku yang juga sebagai penerima bantuan 1000 paket sembako tersebut, mengatakan terimakasih atas bantuan yang berikan oleh KKP, Anggota Komisi IV DPR – RI bapak Suhardi Duka dan Bupati Mamuju Sutinah Suhardi , “Mudah – mudahan bantuan ini bisa ada terus, jangan hari ini saja”. Katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *