Putri Ketum LHI Lolos Ikuti Bimtek KPK 

  • Bagikan
Gedung KPK RI

 

 

MAKASSAR – exposetimur.com -Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, menggelar kegiatan bimbingan teknis (bimtek) antikorupsi di Hotel Four Point by Sheraton, Makassar, Rabu (3/11/2021). Bimtek antikorupsi ini diinisiasi Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat, yang merupakan Direktorat baru di lingkup KPK

Saat dimintai tanggapannya, Pimpinan Lembaga Hak Asasi Manusia Indonesia (LHI) Arham MS, mengapresiasi atas terselenggaranya bimbingan teknis (bimtek) antikorupsi tersebut.

“Ya, semoga dengan bimtek antikorupsi ini lahir dan tercipta generasi-generasi yang peduli terhadap pencegahan antikorupsi,” kata Arham saat dikonfirmasi wartawan, Kamis sore (4/11/2021).

Aktivis antikorupsi ini juga mengatakan, pendidikan antikorupsi erat kaitannya dengan pendidikan karakter atau moral, sehingga diharapkan dengan bimtek ini perilaku-perilaku korup dapat diketahui lebih jelas mulai dari anak-anak sampai orangtua.

“Setidaknya mulai dalam lingkup terkecil dulu yang harus diketahui dalam pencegahan antikorupsi ini. Dan saya juga bersyukur dan berbangga, putri pertama saya Ghina Fasya Aulia Arham dapat lolos mengikuti bimtek antikorupsi dari 500 peserta yang ikut seleksi, hanya 40 orang se Sulsel yang lolos termasuk putri saya,” jelasnya.

Sebelumnya, Direktur Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK RI, Kumbul Kusdwidjanto Sudjadi, mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan, pemahaman, dan kapabilitas kepada masyarakat tentang dampak korupsi. Mengingat, penanganan korupsi harus dengan pelibatan masyarakat.

“Para peserta juga diajarkan bagaimana penanganan, kerawanan, investigasi, dan berani melaporkan ke KPK didukung dengan kekuatan data dan bukti,” ujarnya, Rabu (3/11/2021).

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel mengapresiasi kegiatan yang digelar KPK tersebut. Menurutnya, dengan kegiatan ini, masyarakat akan mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana dan upaya apa yang harus dilakukan masyarakat untuk turut bertindak dalam penanganan korupsi.

“Tentu ini bagus sekali karena sebagai wujud amanah undang-undang. Ada tugas dan fungsi dari KPK untuk pelibatan peran serta masyarakat. Ini dilatih bagaimana mengimplementasikan Lihat, Lawan, dan Laporkan,” katanya.

Baca Juga :   Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi UM Bulukumba Berdonasi untuk korban Banjir Bantaeng

Kedepan, ia berharap ada kolaborasi dengan masyarakat untuk mengawal pemerintahan secara umum.

Partisipasi masyarakat dalam kegiatan ini juga akan memudahkan pemerintah dalam menjalankan sistem dan tatanan pemerintahan yang transparan, lebih bersih dan bebas korupsi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: