Bupati Lantik 61 Kades Terpilih, Ketua Papdesi Lutim Kembali Memimpin Desa Lagego

  • Bagikan
Bupati Luwu Timur, H. Budiman menyerahkan SK pelantikan kepada Akbar Huzain, SE di Gedung Olahraga (GOR) Malili, Kamis (18/11/2021).
Bupati Luwu Timur, H. Budiman menyerahkan SK pelantikan kepada Akbar Huzain, SE di Gedung Olahraga (GOR) Malili, Kamis (18/11/2021).

LUTIM, exposetimur.com _ Bupati Luwu Timur, H. Budiman mengambil sumpah 61 Kepala Desa Terpilih hasil Pilkdes serentak, di Gedung Olahraga (GOR) Malili, Kamis (18/11/2021).

Acara tersebut dihadiri oleh Kejari Luwu Timur, Wakapolres Luwu Timur, Perwira Penghubung, Anggota DPRD Kabupaten Luwu Timur, Sekertaris Daerah, Ketua TP PKK Luwu Timur, Kepala OPD, Camat se-kabupaten Luwu Timur dan Kepala Desa Terpilih.

“Selamat kepada saudara-suadara yang sudah dilantik menjadi Kepala Desa periode 2021-2027, semoga dapat menjalankan amanah dan jabatan ini dengan baik dan penuh tanggung jawab”, ujar Bupati Luwu Timur, H. Budiman.

Budiman juga menekankan bahwa pelantikan bukanlah hasil akhir dari sebuah perjuangan, melainkan menjadi titik awal sebuah perjuangan mengemban amanah jabatan yang telah saudara raih.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Luwu Timur berpesan agar senantiasa taat dan patuh terhadap Perundang-Undangan yang berlaku serta memperdalam pengetahuan tata kelola Pemerintahan Desa agar terhindar dari hal hal yang membahayakan dan menimbulkan kasus kasus pidana.

Bupati Luwu Timur, H. Budiman mengambil sumpah 61 Kepala Desa Terpilih hasil Pilkdes serentak, di Gedung Olahraga (GOR) Malili, Kamis (18/11/2021).
Bupati Luwu Timur, H. Budiman mengambil sumpah 61 Kepala Desa Terpilih hasil Pilkdes serentak, di Gedung Olahraga (GOR) Malili, Kamis (18/11/2021) (Foto: Kominfo)

Ia juga mengingatkan bahwa tugas dan tanggung jawab Kepala Desa khususnya di Kabupaten Luwu Timur pada masa-masa mendatang akan semakin berat apalagi program 1 miliar 1 Desa yang merupakan hibah bantuan keuangan kepada Pemerintah Desa diluar Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD), adalah program Pemerintah Kabupaten Luwu.

Budiman mengharapkan agar nantinya dana tersebut digunakan tentunya dengan perencanaan yang terbaik untuk pembangunan Desa sehingga bermanfaat bagi masyarakat. “Dengan bantuan keuangan Rp. 1 Miliar satu Desa, maka kebutuhan masyarakat terkait infrastruktur seperti jalan tani maupun program pemberdayaan lainnya tentu akan lebih mudah didapatkan karena semua sudah bisa dibantu melalui Pemerintah desa,” ujar Bupati Luwu Timur.

“Saya minta kepada Kades yang baru dilantik agar tidak melakukan eforia berlebihan apalagi sampai menimbulkan keramaian, karena pandemi COVID-19 belum usai, maka tugas tambahan Kades saat ini yakni memberikan dukungan terhadap segala kebijakan pemerintah dalam menanggulangi penyebaran covid-19. Salah satu di antaranya adalah dengan mendorong masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi yang saat ini sedang dilakukan,” ucapnya.

Baca Juga :   BPD dan PPKD Barugariattang Teken Berita Acara Penolakan Perubahan Aturan Pemilihan PAW

Bupati Luwu Timur, H. Budiman dalam kesempatan tersebut meminta Kepala Desa yang baru dilantik untuk dapat menciptakan suasana yang harmonis dengan perangkat desa, BPD dan tokoh-tokoh masyarakat serta lembaga-lembaga desa lainnya.

“Kedepan, saya juga akan memboyong para OPD untuk bersama-sama menginap di Kecamatan selama dua sampai tiga hari, itu akan dilakukan guna memastikan pelayanan terhadap masyarakat selama tahun 2021 dan melakukan pembahasan rencana pembangunan tahun 2022 kedepan,” ungkapnya.

Orang nomor satu di Luwu Timur ini juga menyampaikan kepada kepala Desa yang baru dilantik harus memberi contoh yang baik untuk masyarakat, dan mengharapkan DPMD agar memberikan pelatihan terhadap seluruh Kepala Desa yang terpilih.

Dalam pelantikan ini, Ketua Papdesi Luwu Timur, Akbar Huzair, SE juga kembali ikut dilantik setelah terpilih kembali pada Pilkades Lagego, Kecamatan Burau pada 2 November 2021 lalu.

Sehari pasca pelantikan, Akbar Huzain kepada exposetimur.com Jumat (19/11/2021) mengatakan, bahwa dirinya berharap untuk kembali bersatu membangun desa Lagego karena kata dia, peran semua pihak sangat dibutuhkan untuk memajukan kampung halaman, karena tentunya semua calon memiliki tujuan yang sama membangun desa Lagego yang lebih baik.

“Kami berharap, tidak lagi ada sekat, karena sejatinya kemenangan adalah kemenangan semua warga, sehingga waktunya kita menyatu menatap Desa Lagego lebih baik kedepan tentunya saya tidak bisa sendiri tetapi bersama seluruh warga Desa lagego” Kuncinya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: