Antisipasi Gesekan, Polsek Bersama Pemerintah Kecamatan Samaturu Gelar Deklarasi Damai Pilkades

28 Calok Kepala Desa ikuti Deklarasi damai di Polsek Samaturu, Kab. Kolaka, Rabu (24/02/2022)

KOLAKA, exposetimur.com | Menghadapi puncak hari pencoblosan pilkades serentak di Kabupaten Kolaka yang sisa sepekan kedepan, tentu tensi politik mulai serba naik, Olehnya itu, pihak Polsek bersama Pemerintah Kecamatan Samaturu lebih awal melakukan antisipasi dengan melakukan giat dalam mencegah terjadinya gesekan dengan melakukan deklarasi damai untuk semua calon Kepala Desa yang ikut pada pilkades serentak di Kecamatan Samaturu tahun 2022.

Deklarasi damai ini di laksanakan di Kantor Polsek Samaturu, Rabu 23 Februari 2022. Deklarasi ini turut dihadiri Oleh Camat Samaturu Muh. Ridha Tahrir, Kapolsek Samaturu AKP. Asmuliadi, SH, Babundanramil Kec. Samaturu Serma Halik Dahlan, serta di ikuti oleh 28 Calon Kepala Desa se-Kecamatan Samaturu,.

Untuk diketahui, Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahap I Tahun 2022 di Kecamatan Samaturu di ikuti oleh 10 Desa, yakni Desa Puu Lawulo, Desa Liku, Desa Sani-sani, Desa Meura, Desa Kaloloa, Desa Ulu Konaweha, Desa Awa, Desa Ulaweng, Desa Tamboli, dan Desa Puu Tamboli.

Pada kesempatan yang sama, Camat Samaturu Muh. Ridha Tahrir, menyampaikan dan menghimbau kepada seluruh calon kepala Desa agar tetap menjaga kondusifitas wilayah dan tidak melakukan hal-hal yang dapat membuat ketersinggungan antara calon yang satu dengan yang lain, serta menghimbau kepada para pendukungnya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan pada saat menyalurkan hal suaranya nanti di TPS.

Senada dengan Camat, Kapolsek Samaturu AKP Asmuliadi, SH., juga mengharapkan agar para Calon Kepala Desa untuk menciptakan suasana yang aman dan menghindari pertentangan yang berujung pada situasi yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat, sehingga diharapkan pemilihan Kepala Desa Serentak di Kecamatan Samaturu dapat berjalan aman, lancar dan demokratis.

Baca Juga :   Kolaborasi.!!, Pemerintah Kecamatan, KNPI dan Karang Taruna Samaturu Gelar Vaksinasi Massal Untuk Pemuda

Adapun beberapa point yang menjadi kesepakatan dalam Deklarasi tersebut adalah :

1) Seluruh Calon Kepala Desa siap menyukseskan pelaksanaan PILKADES serentak yang lancar, tertib, dan aman serta demokratis demi kemajuan desa;

2) Siap berkompetisi sebagai calon kepala desa dengan menjunjung tinggi kejujuran dan sportivitas dengan siap terpilih atau tidak terpilih berdasarkan hasil keputusan pemilihan kepala desa nantinya;

3) Siap mengendalikan keluarga dan para pendukung untuk tidak melakukan provokasi, menyebarkan hoax, ujaran kebencian, dan perbuatan kriminal serta bersedia diambil tindakan oleh pihak kepolisian jika terjadi gangguan keamanan;

4) Siap mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan dalam setiap tahapan pelaksanaan pemilihan kepala desa.

Sekedar informasi bahwa pemungutan suara pemilihan kepala desa di kabupaten Kolaka akan dilaksanakan pada hari selasa, tanggal 1 Maret 2022 minggu depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *