Sejarah Langka, Suara Batal Di Pilkades Watumelewe Nyaris Mencapai Angka 100

Proses Pemungutan suara Pilkades Watumelewe, Selasa (01/03/2022)

KOLAKA, exposetimur.com | Pemungutan suara Pilkades Watumelewe, Kecamatan Iwomenda, Kab. Kolaka berjalan sukses dilaksanakan, Selasa (01/03/2022).

Meski sedikit terjadi ketegangan antar pendukung sejak malam pencoblosan hingga di lokasi TPS, namun berkat upaya petugas keamanan melalui koordinasi dan kerjasama Babinsa Desa Watumelewe Serda Muh Rusly, anggota Kodim Kolaka Serka Isran, dan dua personel Polres Kolaka Beipka M Anom bersama Beipka Krisno Hari, situasi bisa di kendalikan.

Tahapan pemungutan suara dimulai sejak pukul 08;00 hingga pukul 11:00 siang. Kemudian dilanjutkan perhitungan suara pada pukul 14:00 hingga selesai.

Dari hasil rekapitulasi ahir, Hamdian nomor urut 1 (incumbent) berhasil unggul dari Ansyar nomor urut 2 dengan selisih 32 suara sehingga dipastikan oppo.

Namun dari sejarah pilkades di wilayah ini, baru kali ini jumlah suara batal hampir mencapai 100 suara yakni 75 suara. Hal ini kemudian membuat masyarakat heran karena menurut mereka, pileg yang terbilang cukup rumit dengan banyak calon tidak pernah terjadi suara batal sebanyak ini, sementara ini hanya tingkat pilkades dengan hanya dua calon.

” Secara logika tidak masuk akal, tapi itulah pemilihan, namun kalau mau melihat lebih seksama, baru kali ini ada Pilkades suara batal sampai 75 suara, sedangkan pileg yang sangat rumit kadang batal 5 sampai belasan saja” Terang salah satu warga.

Sementara warga lainnya ikut menimpali bahwa suara batal tersebut 70 suara milik nomor 2 dan 5 suara milik nomor urut 1

Ditempat terpisah, Ansyar yang dikonfirmasi mengatakan bahwa dalam pemilihan apa pun, kalah menang itu sudah menjadi hal biasa dan harus diterima semua calon.

” Kalah menang itu hal biasa karena pemilihan apa pun pasti ada kalah ada menang, dan soal jumlah suara yang cukup besar batal, memang merupakan hal baru terjadi, namun jangan karena itu kita harus saling sikut, karena kita semua satu rumpun. Kita berharap semoga beliau bisa menjalankan amanah dengan baik” Tutup Ansyar.

Baca Juga :   Dengan Konsep Pemberdayaan, Muh Darwis Nyatakan Siap Kembali Maju di Pilkades Balampesoang

Berikut perolehan suara masing-masing calon

  1. Hamdian 147 suara

  2. Ansyar 111 suara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *